Penanganan Form dalam Login

Posted by Labels: at

Penanganan Form dalam Login

Form inputan dibuat dengan tag-tag HTML. Halaman yang mengandung form murni (tidak ada script php) tidak harus disimpan dalam bentuk php, bisa dalam bentuk html.

Untuk merancang sebuah form inputan, setidaknya ada 3 (tiga) hal penting, yaitu :
1. METHOD
Method dari sebuah form menentukan bagaimana data inputan form dikirim.
Method ini ada dua macam, yaitu GET dan POST. Method ini menentukan
bagaimana data inputan dikirim dan diproses oleh PHP.
2. ACTION
Action dari sebuah form menentukan dimana data inputan dari form diproses.
Jika action ini dikosongkan, maka dianggap proses form terjadi di halaman
yang sama. Jadi halaman form dan halaman proses bisa saja dipisah atau
dijadikan satu.
3. SUBMIT BUTTON
Submit button merupakan sebuah tombol (pada umumnya) yang berfungsi
sebagai trigger pengiriman data dari form inputan. Jika tombol ini ditekan,
maka data form akan dikirimkan (diproses) di halaman yang sudah ditentukan
pada atribut action.

Saya disini akan menjelaskan membedakan halaman pemrosesan form. Disini halaman pemrosesan form dibagi menjadi 2, yaitu:

1. Diproses pada halaman yang sama
Jika script untuk memproses form berada pada halaman yang sama, maka parameter ACTION bisa dikosongkan.
Ini script yang saya buat lewat text editor:
Ini Hasilnya:
2. Diproses pada halaman yang berbeda
Penanganan ACTION yang kedua adalah diproses pada halaman lain. Cara ini dilakukan dengan mengisi parameter ACTION sesuai nama file letak script PHP.
Ini yang saya buat lewat text editor:
Ini hasilnya:




Login dibawah ini sudah menarik dan cantik, saya download template login tetapi belum saya ubah-ubah. Baru kali ini saya akan mengubah-ubah login sampai login berhasil:
Sebelum Login itu cantik dan menarik awal dari login seperti dibawah ini untuk mempercantik halaman loginnya anda bisa menggabungkan html, css, dan bootstrap kalau anda belum terlalu mahir bisa dari html dan css untuk mempercantik halaman loginnya:
Setelah saya klik login akan keluar tulisan seperti dibawah ini:
Dibawah ini adalah script input dan proses login diatas:
Script input:
Script proses:

 
Post a Comment

Back to Top