Materi TKJ

Posted by Labels: at
Saya disini akan melanjutkan postingan yang kemarin tentang OSI layer dan pengertiannya. Sebelum saya lanjut saya menambahkan beberapa kekurangan yang ada di bahasan kemarin.

MAC ADDRESS  

MAC ATAU (MEDIA ACCESS CONTROL) yang digunakan sebagai identitas yang unik dari setiap interface hardware yang merupakan identitas untuk berkomunikasi. MAC address ini ada di osi layer yang kedua. untuk virtual interface atau yang disbut VLAN maka ditambahkan interfacenya.

NETWORK

NETWORK pada OSI LAYER ketiga ini menentukan connect atau disconnect suatu internet.
kalau disini kita sudah mengenal internet tanpa IP ADDRESS tidak akan bisa terhubung. Maka pengertian IP ADDRESS adalah sistem pengelamatan setiap host yang terhubung kejaringan, saat ini IP ADDRESS yang banyak digunakan adalah IP versi 4 tetapi juga IP versi 3 juga tetap juga digunakan untuk memperdalam untuk IP versi 4.
satu IP disini yaitu 32 bit atau sama dengan 4 bytes, kalau 1 bytes berapa bit yaitu 4 dibagi 32 = 8 bit.
IP disini hanya dibatasi untuk memakainya, IP disini hanya 4,294,967, 296 host.

A. PENGELOMPOKAN IP ADDRESS

Pengelompokan IP ADDRESS dilakukan dengan subneting, subnet ini berasal dari nol sampai tiga puluh dua (0-32)
1. Melambangkan jumlah IP dalam subnet tersebut dengan rumus 2 pangkat 32 min x: 2(32-x)
2. Subnet 0 (nol) berarti semua IP ADDRESS
3. Subnet 32 berarti 1 IP ADDRESS

CONTOH IP SUBNETING

Contoh: 192.168.0.0/24

Netmask: 255.255.255.0
Prefix: /24
Ip Network: 192.168.0.0
First HostIP: 192.168.0.1
Last HostIP: 192.168.0.254
Broadcast: 192. 168.0.255
HostIP: Total ip didalam subnet (-) minus 2
Kenapa harus dikurangi 2? Karena disini prefix 24 yaitu 256 itu akan dimasukkan ke First HostIP dan broadcast maka sisanya 254 itu akan dimasukkan di Last HostIP

B. ARP Table

ARP Table merupakan protokol menghubung antara layer 2 data-link dan 3 network. ARP Table di router merupakan daftar host yang terhubung langsung berisi informasi pasangan mac address dan ip address 

TRANSPORT

TRANSPORT disini yaitu OSI LAYER ke-4 yang berfungsi untuk memecahkan data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomer urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement) dan mentransmisikan ulang terhadap paket-paket yang hilang ditengah jalan.

1. Packet Header atau Paket Jaringan
Paket jaringan adalah satuan informasi yang dapat ditransmisikan diatas jaringan atau melalui saluran komunikasi digital. Sebuah paket berisi packet header yang berisi informasi mengenai protocol tersebut (informasi mengenai jenis, sumber, tujuan, atau informasi lainnya) data yang hendak ditransmisikan yang disebut dengan data payload dan packet trailer yang bersifat opsional.

2. UDP (User Datagram Protocol)
UDP adalah komputer yang satu bisa mengirimkan pesan atau datagram kekomputer lainnya di jaringan, tanpa terlebih dahulu melakukan "Hand-shake" (connectionless communication). UDP biasa digunakan untuk service yang mengirimkan data kecil kebanyak host. Aplikasi yang paling umum menggunakan UDP adalah DNS dan berbagai games online.

3. IP Protocol 
IP Protocol adalah protocol standart yang digunakan untuk mengkomunikasikan data melalui berbagai jenis perangkat dan layer. Pengiriman data dilakukan dengan sistem "per paket" atau "per connection", sistem ini menjamin keutuhan data dan mencegah terjadinya kekurangan atau duplikasi data. Ada beragam protocol yang biasa digunakan yang umum adalah TCP, UDP, ICMP.

4. Public and Private IP ADDRESS
Diatas kan udah saya jelaskan host yang dibatasi hanya 4,294,967,296 , maka IP disini akan dibagi menjadi 2 yaitu sebagai berikut ini:
a. Public IP ADDRESS
IP ADDRESS yang dapat diakses dijaringan internet. Kita bisa mendapatkan Public IP ADDRESS dari:
1. Dipinjami dari ISP
2. Alokasi dari APNIC/IDNIC

b. Private IP ADDRESS
IP ADDRESS yang diperuntukkan untuk jaringan local (tidak dapat diakses dijaringan internet)

SESSION

Session berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan, Selain itu level ini juga dilakukan revolusi nama. Session disini pada OSI LAYER ke-5.

PRESENTATION

PRESENTATION berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan

APPLICATION

APPLICATION berfungsi sebagai antarmuka dengan fungsional jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan



referensi: wikipedia
Post a Comment

Back to Top