Membuat dan Menghapus Directory dengan PHP

Posted by Labels: at

Membuat dan Menghapus directory dengan PHP

Direktori atau kita sering menyebutnya dengan folder adalah sebuah lokasi pada harddisk yang berisi file atau direktori lainnya. Dalam direktori bisa berisi banyak file dan banyak direktori lainnya yang sering sisebut sub direktori.

Direktori dan file merupakan bagian dari sebuah filesystem seperti Linux, Windows dan MacOS. PHP menyediakan beberapa fungsi untuk menangani direktori seperti untuk membuat dan menghapus direktori, membuka dan menutup direktori serta membaca isi direktori.

MEMBUAT DIRECTORI BARU

Fungsi yang digunakan untuk membuat direktori baru adalah mkdir(). Direktori yang dibuat otomatis berada satu lokasi dengan file PHP ditaruh. Jika ingin menaruh direktori baru ditempat lain harus disertakan path yang lengkap pada parameter name. 

Cara penulisan fungsi mkdir()

mkdir (name, mode, recursive, context)

Keterangan:
  • Name : merupakan nama directori baru yang akan dibuat
  • Mode : secara default bernilai 777
  • Recursive : khusus saat diset mode rekursif adalah mode pengulangan berdasarkan suatu kesamaan tertentu
  • Context : merupakan konteks dalam menangani file.Konteks merupakan serangkaian pilihan yang dapat dimodifikasi perilaku stream sebuah file
BEBERAPA HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MEMBUAT DIRECTORI BARU DENGAN PHP
  1.  Pastikan nama directori sesuai dengan standar penamaan file dan directori.
  2.  Cek keberadaan directori sebelum dibuat agar tidak muncul pesan eror
  3.  Tampilkan status jika proses membuat directori gagal atau berhasil
MEMBUAT DIRECTORI BARU DENGAN PHP
Hasilnya:
Masukkan nama direktori yang anda mau bikin, lihat seperti dibawah ini:
Hasilnya:
Saya cek juga di dalam folder ternyata sudah masuk, lihat gambar dibawah ini:






MENGHAPUS DIRECTORY

Untuk menghapus direktori digunakan fungsi rmdir(). Fungsi ini hanya bisa dipakai untuk menghapus direktori yang kosong. Untuk direktori yang berisi file harus dihapus semua file didalamnya, baru kemudian dihapus direktori yang sudah kosong.

Pastikan direktori yang akan dihapus ada dengan fungsi file_exist() dan pastikan benar-benar berupa direktori dengan fungsi is_dir() lalu cek juga permissionnya. Fungsi rmdir() mengembalikan nilai TRUE jika berhasil dan FALSE jika gagal.  

CARA PENULISAN FUNGSI rmdir()

rmdir(name, context)

Keterangan:
  • Name : Merupakan nama directory baru yang akan dibuat
  • Context : merupakan konteks dalam menangani file. Konteks adalah serangkaian pilihan yang dapat memodifikasi perilaku stream sebuah file.
MENGHAPUS DIRECTORY DENGAN PHP
Penjelasan Script:

Pada form terdapat satu input text untuk mengisi nama direktori yang akan dihapus dan sebuah input submit untuk mengeksekusi script. Selanjutnya seperti pada saat membuat direktori, terdapat fungsi preg_replace untuk mengecek standar format nama direktori.
Proses dilanjutkan dengan mengecek keberadaan direktori, ini bertujuan untuk mencegah error. Jika direktori tidak ada maka fungsi rmdir tidak akan dieksekusi. Jika ada, direktori akan dihapus dengan perintah rmdir ($target_dir). Jika proses berhasil akan ditampilkan pesan Berhasil dan jika gagal akan ditampilkan pesan gagal.
 
TAMPILAN WEB BROWSER:
Masukkan nama directory yang akan anda hapus:
Hasilnya:
Dan saya cek didalam folder, ternyata sudah kehapus. Lihat gambar dibawah ini:




 
 
 
Post a Comment

Back to Top