ETOS KERJA

Posted by Labels: at

ETOS KERJA




DISINI DALAM ETOS KERJA ADA BEBERAPA LANGKAH:

1. KERANGKA KERJA

Kerangka kerja dalam bahasa inggris disebut dengan framework adalah suatu struktural konseptual dasar yang digunakan untuk memecahkan atau menangani suatu masalah kompleks. Istilah ini sering digunakan antara lain dalam bidang perangkat lunak untuk menggambarkan suatu desaign sistem perangkat lunak yang dapat digunakan kembali, serta dalam bidang manajemen untuk menggambarkan suatu konsep yang memungkinkan penanganan berbagai jenis atau entitas bisnis secara homogen.
2. PEKERJAAN 

Pekerjaan secara umum didefinisikan sebagai sebuah kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk sebuah tugas atau kerja yang menghasilkan sebuah karya bernilai imbalan dalam bentuk uang bagi seseorang. Dalam pembicaraan sehari-hari istilah pekerjaan dianggap dengan sama dengan profesi. Pekerjaan yang dijalani seseorang dalam kurun waktu yang lama disebut sebagai karier. Seseorang mungkin bekerja pada beberapa perusahaan selama kariernya tapi tetep dengan pekerjaan yang sama.

3. ETIKA BEKERJA

Etika kerja adalah sistem nilai atau norma yang digunakan oleh seluruh karyawan perusahaan, termasuk pemimpinannya dalam pelaksanaan kerja sehari-hari. Perusahaan dengan etika kerja yang baik akan memiliki dan mengamalkan nilai-nilai, yakni: kejujuran, keterbukaan, loyalitas kepada perusahaan, konsisten pada keputusan, dedikasi kepada stakeholder, kerja sama yang baik, disiplin, dan bertanggung jawab.

4. KEPUASAN KERJA

Denifisi kepuasaan kerja, sebagai berikut:
a. Newstrom: kepuasaan kerja berarti perasaan mendukung atau tidak mendukung yang dialami pegawai dalam bekerja.

b. Wexley dan Yukl: artinya bahwa kepuasaan kerja adalah cara pegawai merasakan dirinya atau pekerjaannya. Dapat disimpulkan bahwa kepuasan kerja adalah perasaan yang menyokong dalam diri pegawai yang berhubungan dengan pekerjaan maupun kesehatan maupun kondisi dirinya. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja yaitu sebagai berikut:
1. Pekerjaan itu sendiri, setiap pekerjaan memerlukan suatu keterampilan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

2. Atasan (supervision), atasan yang baik berarti mau menghargai pekerjaan bawahannya.

3. Teman sekerja (Workers), merupakan faktor yang berhubungan dengan hubungan antara pegawai dengan atasannya dan dengan pegawai lain, baik yang sama maupun yang berbeda jenis pekerjaannya.

4. Promosi(Promotion), merupakan faktor yang berhubungan dengan ada tidaknya kesempatan untuk memperoleh peningkatan karier selama bekerja.

5. Gaji/Upah(Pay), merupakan faktor pemenuhan kebutuhan hidup pegawai yang dianggap layak atau tidak.

5. Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional dalam bahasa inggris yaitu emotional quotient, disingkat EQ adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi  dirinya dan orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, emosi mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan  Sedangkan, kecerdasan (intelijen) mengacu pada kapasitas untuk memberikan alasan yang valid akan suatu hubungan. Kecerdasan emosional (EQ) belakangan ini dinilai tidak kalah penting dengan kecerdasan intelektual  (IQ). Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional dua kali lebih penting daripada kecerdasan intelektual dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang.

Post a Comment

Back to Top