DASAR-DASAR DALAM PHP!

Posted by Labels: at

DASAR-DASAR DALAM PHP!


1. Variabel
  • Digunakan untuk menyimpan sebuah value, data atau informasi
  • Nama variabel diawali dengan tanda $
  • Panjang tidak terbatas
  • Setelah tanda $ diawali oleh huruf atau under-scrore(_). Karakter berikutnya bisa terdiri dari huruf, angka, dan karakter tertentu yang diperbolehkan (karakter ASCII dari 127-255).
  • Bersifat case-sensitive
  • Tidak perlu dideklarasikan
  • Tidak boleh mengandung spasi
  • Contoh penulisan yang benar:
  1. $_name
  2. $first_name
  3. $name3
  4. $name_3
  • Contoh penulisan yang salah:
  1. $3name
  2. $name?
  3. $first+name
  4. $first.name
  5. $first name
Ini yang saya buat lewat text editor:

Ini yang saya jalankan lewat web browser:

Disini saya mencoba untuk lewat terminal:
a. Tekan ctrl+alt+t
b. sudo su dan masukkan password
c. #mkdir nama_folder (membuat folder lewat terminal),contoh:
d. #cd nama_folder (manggil nama folder anda),contoh:
e. #nano nama_file (membuat nama file), contoh:

Dibawah ini Scriptnya:
Sekarang kita masuk ke contoh dasar PHP
1. Mencetak
nama file: nano coba.php
Deskripsi: Program sederhana menampilkan sebuah string dilayar

script:
Hasil di web browser: localhost/puthut/coba.php


Contoh script:
Nama file: variabel.php
Deskripsi:Program mengisi dan menampilkan variabel dilayar
Hasil


2. Tipe Data

Pada PHP, tipe data variabel tidak didenifisikan oleh programmer, akan tetapi secara otomatis ditentukan oleh intepreter PHP. Namun demikian PHP mendukung 8 buah tipe data primitif,yaitu:
a. Boolean
Tipe data boolean yaitu tipe data yang mempresentasikan suatu kondisi 'benar' (true) atau 'salah'(false). Contoh : $x = true ; $y = false.

b. Integer
Tipe data integer yaitu tipe data yang bilangan bulat baik yang positif atau negatif.Tipe data integer mendukung bilangan oktal, Desimal, maupun Hexadesimal.
Ini yang saya buat lewat terminal:
Ini yang saya jalankan lewat web browser:


c. Float
Tipe data float adalah bilangan pecahan atau mengambang yang juga biasa disebut tipe data double atau real number.
Ini yang saya buat lewat terminal:
Ini yang saya jalankan lewat web browser:


d. String
Tipe data String adalah tipe data yang bisa menampung banyak karakter sekaligus. Secara internal di dalam pascal, string merupakan array dari tipe data char. Disini saya akan menambahkan sedikit lewat w3school:
Ini yang saya buat lewat terminal:

Ini yang saya jalankan lewat web browser:


e. Array
Array adalah kumpulandarinilai-nilai data bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan sebuah nama yang sama Nilai-nilai data disuatu array disebut dengan elemen-elemen array Letak urutan dari elemen-elemen array di tunjukkan oleh suatu subscript atau indek.
Ini yang saya bikin lewat terminal:
Ini yang saya jalankan lewat web browser:


f. Object
Tipe Data Object merupakan inisialisasi suatu class. Object dapat diinisialisasikan menggunakan statement new. Ada kalanya kita akan mengkonversikan nilai ke tipe data lain.
Ini yang saya buat lewat terminal:
Ini yang saya jalankan lewat web browser:



g. Resource
Tipe data resource adalah tipe data baru yang diperkenalkan mulai PHP 4. Tipe ini memiliki nilai yang dihasilkan dari pemanggilan fungsi fungsi yang menggunakan resource sistem, seperti mysql_connect . Variabelnya secara otomatis akan menggunakan tipe data resource ini.
Contoh: menggunakan tipe data sumber daya adalah panggilan database.

h. NULL
Null adalah kata kunci (keyword) khusus yang berarti ‘tidak memiliki nilai’. Kita bisa memberikan nilai null kepada variabel, elemen dari array, property dari objek, atau yang lainnya.
Ini yang saya buat lewat terminal:
Ini yang saya jalankan lewat web browser:


Contoh script:
Nama file: nano tipe.php
Deskripsi: Program contoh penanganan beberapa tipe data dasar dalam PHP
Hasil
Disini saya akan menjelaskan fungsi print dan printf:
Fungsi print yaitu menampilkan data tunggal (hanya satu data), Sedangkan fungsi printf yaitu mengatur format data yang akan ditampilkan pada web browser.

KONSTANTA 
Konstanta merupakan variabel konstan yang nilainya tidak berubah-ubah. Untuk mendefinisikan konstanta dalam PHP, menggunakan fungsi define().

Contoh Script:
Nama file: nano konstanta
Deskripsi: Program penggunaan konstanta dalam PHP
Hasil:

Operator dalam PHP
Nama file: operator.php
Deskripsi: Program beberapa Operator aritmatika dalam PHP

Hasil:




Post a Comment

Back to Top