Fungsi Echo, $, POST, dan GET pada PHP

Posted by Labels: at

Fungsi Echo, $, POST, dan GET pada PHP

Kali ini saya akan sharing tentang fungsi Echo, $, POST, dan GET pada PHP, dibawah ini penjelasannya:

1. Echo

echo() berfungsi untuk menampilkan satu atau lebih data string kedalam internet browser. Fungsi echo() ini sering digunakan oleh programmer karena penggunaannya yang sangat dibutuhkan dalam pemograman, dan juga karena sangat mudah digunakan. Fungsi echo() memiliki keunikan tersendiri, dimana bisa menyediakan lebih dari satu buah parameter, dengan parameter dasarnya adalah: $arg1.
Semua data di Parameter yang ada bisa Anda masukkan secara langsung ke dalam fungsi echo(), atau dengan bantuan variable terlebih dahulu. Silahkan masukkan data yang Anda inginkan berdasarkan kebutuhan yang sedang Anda hadapi, atau dengan menggunakan metode gaya penulisan favorit Anda.
Ini yang saya jalankan lewat text editor:
Ini yang saya jalankan lewat web browser:
   
Perbedaan fungsi echo() ketika menggunakan tanda kutip ganda (") dengan ketika menggunakan tanda kutip tunggal ('):

Ketika menggunakan tanda kutip ganda, maka semua variable yang terdapat di dalam data string yang akan diproses oleh echo(), seluruh data akan diproses terlebih dahulu sehingga semua data dalam variable akan dimasukkan ke dalam hasil keluarannya. Sedangkan fungsi echo() jika menggunakan tanda petik tunggal ('), semua isi variabel tidak akan di proses lebih lanjut sehingga hasil keluarannya hanya menampilkan nama variablenya saja .

2. $ (dollar)

Dengan PHP kita bisa mengambil sebuah nilai atau mengisi nilai pada sebuah variabel yang ditandai dengan dollar($), simbol ini merupakan simbol variabel dalam PHP. Selain melakukan 2 hal diatas, kita juga bisa membuat sebuah variabel dari sebuah nilai yang ada pada variabel, artinya jika var bernilai satu, var adalah variabel dan satu adalah nilai, dan jika kita memanggil variabel var maka yang keluar adalah satu. Dengan Variabel Variabels nya PHP kita bisa membuat sebuah variabel yang bernama satu dengan nilai yang bisa kita tentukan sendiri.
  • $var="satu"
Mengisi nilai variabel $var dengan string "satu".
  • echo $var ;
Output: satu  
  •  $$var = 1 ; 
Membuat sebuah variabel yaitu satu dengan nilai integer 1.
  • echo $satu; 
Output: 1

Hal ini bermanfat ketika ingin melakukan asosiasi sebuah variabel secara langsung ataupun ingin mengambil nilai variabel yang telah ditentukan namanya. 

Perintah ini juga bisa dilakukan untuk variabel GLOBAL seperti $_GET atau $_POST, misalkan kita ingin mengambil nilai variabel $_POST, bisa dengan cara berikut:
  • $p = "_POST"; 
  • $nilai = $$p
Dengan kode diatas kita telah mengcopy nilai $_POST ke $nilai.

Ini yang saya buat lewat text editor, dibawah ini:
 
Ini yang saya jalankan lewat web browser:






3. POST AND GET

Fungsi dan Perbedaan Method POST dan GET pada PHP – Dalam dunia PHP Programming tentu menggunakan Method POST dan GET. Apa itu Method POST dan GET ? Sedikit pengertian dari kegunaan Method POST dan GET ini sama yaitu untuk mengirimkan nilai variabel ke halaman lain atau mengirimkan ke database dan mengambil nilai variabel dari halaman lain atau mengambil data pada database.
Penggunaan Method POST dan GET ini biasanya menggunakan form pada halaman PHP. Untuk perbedaannya sangatlah kecil pada Method POST dan GET namun sangat terlihat.
 
METHOD $_POST
 
Ini yang saya buat lewat text editor, disave dengan nama index.php:
Ini disave dengan nama lihat.php:
 
 
Ini yang saya jalankan lewat web browser:
 setelah klik login akan seperti dibawah ini:
 
METHOD$_GET
 
Ini yang saya buat lewat text editor, dan disave dengan nama index1.php:
Ini yang disave dengan nama lihat2.php:




Ini yang saya jalankan lewat web browser:
Setelah di klik login akan seperti dibawah ini:



Fungsi dan perbedaan Method POST dan GET pada PHP:
 
Setelah saya praktekkan saya tau dimana perbedaan antara method POST dan GET, yaitu pada URLnya. Pada method post tidak menampilkan nilai variabel pada URL, lihat dibawah ini:
Sedangkan method GET menampilkan nilai variabel yang dikirimkan , lihat dibawah ini:
Kesimpulannya:
  • Method POST tidak menampilkan nilai variabel pada URL dan Method GET menampilkan nilai variabel yang dikirimkan.
  • Method POST lebih aman dan Method GET kurang aman (pada contoh diatas berati password ditampilkan pada URL).
  • Jika Method GET dibatasi panjang string hingga 2047 karakter, Method POST tidak.
  • Perbedaan pengambilan data jika Method POST menggunakan $_POST sedangkan Method GET menggunakan $_GET.
  • Method POST biasanya digunakan untuk input dari FORM, Method GET menggunakan input dari LINK atau akses menggunakan link.
  • Method POST digunakan untuk mengirimkan data rahasia seperti password, Method GET digunakan untuk mengirimkan/mengambil data pablik seperti id_user atau id_halaman.

 

3 comments:

Back to Top