MATERI TKJ

Posted by Labels: at

MATERI TKJ

1. PENGENALAN TKJ

Teknik komputer dan jaringan merupakan ilmu yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkait kemampuan logaritma dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak dan internet.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.

Jaringan adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi dan dapat mengakses informasi

2. PENGENALAN JARINGAN

BERDASARKAN AREA:

1. LAN (Local Area Network) yaitu jaringan local yang biasanya diimplementasikan di lingkungan rumahan atau kantoran bertujuan untuk berbagi data atau resource.

2. MAN (Metropolitan Area Network) yaitu tidak ada bedanya dengan LAN tetapi cangkupannya agak luas.MAN bisa mecangkup antar gedung, hingga antar kota.

3. WAN (Wide Area Network) yaitu tidak berbeda dengan LAN dan MAN, tetapi cangkupannya antar negara.

TCP/IP atau Transmission Control Protocol and Internet Protocol adalah sebuah aturan standar yang digunakan untuk komunikasi antar berbagai jenis komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan komputer. Aturan ini ditetapkan oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) yang dikembangkan pada akhir tahun 1970-an. Secara umum, komponen dari TCP/IP adalah sebagai berikut:

1. IP ADDRESS merupakan sebuah kombinasi unik yang dituliskan dalam angka desimal yang dibagi dalam empat segmen. Tiap-tiap segmen tersebut mewakili 8 bit dari alamat yang memiliki panjang 32 bit untuk keseluruhannya. Fungsi dari IP address sendiri merupakan identifikasi seriap host pada jaringan.

2. NETMASK berfungsi menunjukkan berapa pembagian panjang bit network dengan bit host untuk mengetahui beberapa jumlah host yang dapat terkoneksi didalam sebuah network. Misalnya untuk kategori alamat IP kelas c dengan netmask 255.255.255.0, maka penentuannya adalah 24 bit pertama adalah bit network dan 8 bit sisanya adalah bit host.

SMTP Atau Simple Mail Transfer Protocol merupakan salah satu protocol yang umum digunakan untuk pengiriman surat electronik diinternet. SMTP menggunakan port 25 dan dapat dihubungi melalui program telnet.



OSI LAYER adalah sebuah model arsiktural jaringan yang dikembangkan oleh badan Internasional Organization for Standardization (ISO) di eropa pada tahun 1977. OSI mempunyai kepanjangan yaitu Open System Inter Connection yang merupakan kumpulan layer-layer yang tidak saling bergantungan namun saling terkaitan satu sama yang lainnya. 7 OSI layer yang terdiri dari, seperti dibawah ini:

1. Physical Layer yaitu alat-alat yang akan digunakan agar bisa terkoneksi dengan internet misalnya kabel-kabel yang terhubung ke internet dan ethernet, dan wireless

2. Data Link Layer berfungsi dengan untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format. Data link disini kita akan bahas ada MAC address dan switch.
Post a Comment

Back to Top