Join tabel pada MySQL

Posted by Labels: at

Join tabel pada MySQL

Pada kali ini sesuai dengan judul, kita akan balajar tentang syntax join atau menggabungkan table pada mysql dengan menggunakan JOIN.

Apa itu JOIN?
Join bisa di katakan penggabungan 2 buah tabel atau lebih pada mysql. Join ini membuat sistem aplikasi yang menggunakan database, dalam join ini hanya bersifat sementara bukan permanen. Ada juga sih yang permanen tetapi berbeda syntaxnya. Saya disini akan membuat database desa, yang didalamnya ada 2 tabel yang berisi tabel warga dan tabel sakit.

Tabel warga

Sebelum masuk ke tabel saya akan sharing dari membuat database sampai membuat tabelnya, berikut penjelasannya:
1. Mari kita masuk ke mysql, berikut perintahnya:
2. Lalu kita membuat database, berikut perintahnya:
3. Setelah itu kita masuk ke databasenya, berikut perintahnya:
4. Setelah itu kita membuat tabelnya, berikut perintahnya:
5. Setelah itu membuat isi didalam tabel tersebut, berikut perintahnya:
6. Mari kita lihat Tabel Warga, berikut perintahnya:

Tabel sakit

Membuat tabel sakit sama seperti diatas, langsung saja yukkk..
1. Kita disini langsung membuat tabelnya saja, berikut perintahnya:
2. Membuat isi tabel yang sudah kita buat tadi, berikut perintahnya:
3. Mari kita melihat Tabel sakit, berikut perintahnya:
nah coba perhatikan pada table sakit. Untuk ketentuan saat menginput pada tabel sakit, pada column nama_warga di input harus id_warga dari tabel warga tidak boleh menginput nama_warga langsung dari tabel warga. Kenapa demikian? karena kalo misal nya teman-teman nginput nya nama_warga yang langsung di ambil dari tabel warga trus kalo misal nya ada warga yang nama nya persis sama gimana? gak bisa di bedain kan? salah-salah nanti bisa salah input warga yang sakit. trus kalo misal nya teman-teman nginput nya nama_warga langsung nanti kalo misal nya teman-teman mau ubah nama warga yang bersangkutan pada tabel warga gimana? kan otomatis yang di tabel sakit gak ikut berubah , nah. alangkah lebih mudah nya kalo misal nya yang di input itu id milik warga dari tabel warga . karena banyak kemudahan nya .

Mari kita menggabungan kedua tabel diatas ini yaitu tabel warga dengan tabel desa menggunakan JOIN

1.Inner Join menggunakan WHERE 
Pejelasan dari syntax di atas adalah, kita menampilkan column nama_warga dari tabel warga, column umur_warga dari table warga dan column penyakit dari table sakit  dari table warga dan table sakit yang mana column nama_warga dari table sakit = id_warga dari table warga, berikut hasilnya:
2. Inner Join dengan Inner Join 
 Inner join dengan inner join sama saja seperti diatas, berikut hasilnya:

3. Outher Join 
outer join adalah perintah untuk menggabungkan table sama seperti inner join bedanya adalah jika menggunakan inner join maka jika ada data yang kosong maka tidak di tampilkan atau di anggap kosong dan jika menggunakan outer join data yang kosong juga di tampilkan (NULL) .

4. Left Join 
left join menampilkan data dari table yang di gabungkan walaupun terdapat data yang kosong. menampilkan/menggabungkan nya ke sisi kiri.

5. Right Join 
right join menampilkan data dari table yang di gabungkan walaupun terdapat data yang kosong. menampilkan/menggabungkan nya ke sisi kanan

Post a Comment

Back to Top