Membuat database perpustakaan dengan postgresql

Posted by Labels: at

Membuat database perpustakaan dengan postgresql

Pertama kita membuat relasi yang diperlukan diperpustakaan misalnya ada petugas, ada murid, pempinjaman, pengembalian dan denda di pgadmin III. Setelah membuat relasi anda membuat tabelnya di pgadmin III. Mari kita simak sharing kita kali ini ... cekidooott ..

Tutorial membuat database dengan pgadmin III:
1. Pastikan anda sudah punya pgadmin III, kalau belum punya silakan install terlebih dahulu lihat sharing saya sebelumnya.
2. Setelah itu buka pgadmin III, berikut tampilan awal pgadmin III:
3. Mari kita membuat database baru dengan cara klik kanan pada tulisan database, disitu ada beberapa pilihan maka kita akan klik new database tampilan awal akan seperti dibawah ini:
Setelah itu kita isikan seperti dibawah ini lalu kita klik ok:
4. Setelah klik oke, maka database akan mengcreate dengan sendirinya. Lihat gambar dibawah ini:
Kok disini database perpustakaannya masih disilang merah? hayooo kenapa hayooo? tidak perlu panik , coba kalian klik di tulisan perpustakaan maka akan seperti dibawah ini:
Sudah tidak kesilang merah kan? hehehe
5. Mari kita akan membuat tabel didalam database itu yang terdiri dari petugas, murid, peminjaman, pengembalian, dan denda. Yukkk mariii . . . Saya disini akan membuat tabelnya melalui terminal. Kenapa saya memilih terminal? Saya masih agak binggung kalau lewat pgadmin dan di pgadmin tidak ada pilihan varchar.. Dibawah ini gambar dan ikuti saja langkahnya:
a. Tabel nama siswa
Disini saya lupa, saya akan menambahkan nama jenis kelamin pada siswa. Berikut gambar dan perintahnya:
Disini saya tadi memakai insert into error mulu, padahal kalau ingin menambahkan column memakai perintah alter pasangannya memakai update.. Jangan sampai ketuker yaa..
2. Tabel buku
3. Tabel peminjaman
4. Tabel pengembalian








Post a Comment

Back to Top