Tutorial install Moodle di Linux

Posted by Labels: at

TUTORIAL INSTALL MOODLE

MOODLE (MODULAR OBJECT-ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONTMENT) merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar.

1. Download terlebih dahulu. Lihat dibawah ini:

2. Setelah download selesai, kita akan copy file tersebut ke /varr/www/html


3. Setelah selesai, kita unzip terlebih dahulu filenya. Lihat dibawah ini:

4. Setelah di unzip, kita extract file tersebut lewat terminal. Lihat dibawah ini:

5. Setelah diextract, kita terlebih dahulu memberikan hak akses. Lihat dibawah ini:

6. Setelah itu kita ke localhost untuk membuat databasenya. Lihat gambar dibawah ini:

7. Setelah itu, kita ke web browser menuliskan "localhost/moodle". Tampilan awal seperti ini dan klik next:

8. Setelah itu kita lanjut kelangkah selanjutnya yaitu dibawah ini. pas di langkah ini saya sedikit binggung tetapi sebelum saya bertanya saya menyoba dulu membuat directory di www dengan nama "moddledata" dan saya otak atik hapus pasang lagi perintahnya bolak balik disitu tetap saja tidak bisa di next. Saya akhirnya bertanya kepada mas yoga dan mas aji eh ternyata pas tanya dia terbelit belit dan selesai memecahkan masalahnya ternyata cuman belum dikasih Hak Akses. Saya cukup tidak menelitinya.. hehe
Setelah di kasih Hak Akses dan klik next:



9. Setelah mengutek ngutek dilangkah diatas, kita lanjut kelangkah selanjutnya dan klik next. Lihat gambar dibawah ini:

10. Setelah dinext, kita kelangkah selanjutnya dan bagian kolom database port dan unix socket saya kosongkan dan klik next saja. Lihat gambar dibawah ini:

11. Setelah itu, kita lanjut kelangkah selanjutnya dan klik "Continue". Lihat gambar dibawah ini:

12. Setelah itu kita lanjut ke langkah selanjutnya dan klik "continue" . Lihat gambar dibawah ini:


13. Setelah diklik "continue", kita kelangkah selanjutnya dan klik "continue" lagi. Lihat gambar dibawah ini:



















14. Setelah klik "continue" , kita lebih kelangkah selanjutnya dan saya lagi lagi binggung bikin dalam kata sandinya. haduh haduh. saya minta bantuan kepada mba wulan sama mas agung dan akhirnya beberapa menit cuman ngutak ngutek kata sandinya akhirnya berhasil, lalu klik yang ada disitu saya lupa ngescreen.. hehe
Lihat gambar dibawah ini:


15. Setelah itu kita ke langkah selanjutnya dan klik yang paling bawah .. Lihat gambar dibawah ini:

16. Dan akhirnya berhasil dengan tampilan awal seperti dibawah ini:



Post a Comment

Back to Top